Senin, 25 Juni 2012

LELE SANGKURIANG


Bisnis Budidaya Ikan Air tawar memang memiliki wilayah yang sangat luas. Salah satu Ikan Budi daya air tawar yang cukup memiliki prospek bisnis yang menjanjikan adalah Lele Sangkuriang. Nama Lele Sangkuriang memang belum setenar Ikan Lele Dumbo, namun sebenarnya secara fisik tidak memiliki perbedaan. Sebenarnya Lele Sangkuriang merupakan Strain baru Lele Dumbo yang  kehadirannya merupakan upaya memperbaiki produktivitas Lele Dumbo yang dirasakan mengalami penurunan. Lele Sangkuriang merupakan strain baru dari Lele Dumbo yang dikembangkan oleh BBAT Sukabumi sejak beberapa tahun silam. Pengembangan Lele Sangkuriang didasarkan oleh penurunan kualitas Lele Dumbo karena tidak disertai dengan penanganan Induk yang baik di dalam budi dayanya.
Penanganan induk lele dumbo yang tidak baik tersebut antara lain perkawinan sekerabat (inbreeding), penggunaan induk yang berkualitas rendah dan lain-lain. Parameter rendahnya kualitas induk lele dumbo ini diamati dari pematangan gonad, pertumbuhan harian, daya tahan terhadap penyakit lele dan nilai FCR ( Feeding Conversion Rate), atau efisiensi konversi berat makanan menjadi berat tubuh ikan lele dumbo. Dalam rangka mengembalikan kualitas lele dumbo tersebut BBAT Sukabumi melakukan upaya perbaikan genetik melalui cara silang balik antara induk betina generasi kedua (F2) dengan induk jantan generasi keenam (F6). Induk betina F2 merupakan koleksi yang ada di Balai Budidaya Air Tawar Sukabumi yang berasal dari keturunan kedua lele dumbo yang diintroduksi ke Indonesia tahun 1985. Sedangkan induk jantan F6 merupakan sediaan induk yang ada di Balai Budidaya Air Tawar Sukabumi. Induk dasar yang didiseminasikan dihasilkan dari silang balik tahap kedua antara induk betina generasi kedua (F2) dengan induk jantan hasil silang balik tahap pertama (F2 6).
Berdasarkan keunggulan lele dumbo hasil perbaikan mutu dan sediaan induk yang ada di BBAT Sukabumi, maka lele dumbo tersebut layak untuk dijadikan induk dasar yaitu induk yang dilepas oleh Menteri Kelautan dan Perikanan dan telah dilakukan diseminasi kepada instansi/pembudidaya yang memerlukan. Induk lele dumbo hasil perbaikan ini, diberi nama Lele Sangkuriang.


RISOLINDA RISOLES! I WANT MORE!

Pasti semua orang tau risoles dan banyak juga yang suka. karena risoles termasuk makanan yang lumayan untuk menganjal perut. tapi kadang bosen juga kalau risol yang kita makan isinya cuma wortel kentang ayam. nah beberapa waktu yang lalu dikampus ada mahasiswa yang keliling jual risol dan itu rasanya enak banget dan beragam varian rasanya juga. isi risoles mayonese ini bikin  nagih dan engga mau berenti makan hehe.
 naman risolesnya yaitu "RISOLINDA". Saya akui harga mahal tak masalah asal rasanya pun  tidak salah.

Salah satu ownernya bernama Linda tapi yang memperkenalkan ke pasaran yaitu Dea (Adek kelas dikampus dan SEF :). Dea yakin banget kalau produk yang mereka jual adalah quality control karena Risolinda Risoles ini dibuat dari BAHAN SEGAR PILIHAN. Untuk kulit saja, kami menggunakan susu murni, telur, blueband sampai tepung terigu berkualitas. terus bagaimana dengan respon pasar? "Alhamdulillah, sejak pertama kali dipasarkan denga harga tetap kami 3.000/pcs. RISOLINDA RISOLES ini dapet respon yang positif dari pasar. yah walaupun beberapa orang bilang "ah mahal.. risol diluar aja cuma gopek". wajar.. kenapa? karena yang gopek itu beda bahan dan beda isi terus 2012 risol gopek juga udah gaada" ujar dea. 
Kelebihan dari risoles RISOLINDA ini memiliki banyaaaaak sekali variasi (banyak sekali itu target masa depan ya) sekarang ini baru beberapa, sekitar 7 Varian, yaitu Smoked Beef, Spicy Chicken, Meaball Mayo, Chicken Vege, Beef Vege, Tuna Melt, Prawn, Sosis Mushroom, etc. Gak seperti kedengarannya yang biasa aja, RASANYA LUAR BIASA!! harganya yang mahal pun(untuk mahasiswa) tergantikan dengan rasanya yang yummy. Sesekali kita harus mampir ke gerobak mini risolinda di depok, tepatnya Sono Kembang, Depok Timur Dalam.

(masih dalam pembuatan).

Untuk order dan merasakan enaknya RISOLINDA RISOLES, hubungi :

YM : dea icha
Fanpage FB : Risolinda Risoles
Twitter : @RisolindaMancap
No. telp : 081298265480 - 0219226903




TAHU PEDAS? YA GEHU HOT JELETOT




Bisakah kamu tebak, cemilan apa yang paling populer dan selalu dicari di kalangan masyarakat Bandung? Yaps, gorengan lah jawabannya, kawan! Penganan pengganjal perut ini memang bukan suatu jenis kuliner yang sulit ditemui, kamu akan selalu dapat menemukannya di pojokan-pojokan jalan raya kota kembang ini, pembaca. Mulai dari penjaja gerobak dorong, gerobak pikul hingga pojokan pasar swalayan pun berlomba-lomba untuk menghasilkan cita rasa gorengan yang maknyus.

Psst.. diduga telah muncul sebuah jenis gorengan dengan gaya unik dan identik dengan Bandung, yuk mari kenalan sama yang namanya Tahu Hot Jeletot, sebuah mahakarya kuliner terobosan baru yang menjadi identitas baru dunia jajanan kota Bandung tercinta ini.

Wow, nama yang unik, menarik dan mudah diingat, apakah sebenarnya yang dimaksud dengan Tahu Hot Jeletot ini ya? Yaps, jenis kuliner tahu unik ini sebenarnya bermula dari jajanan gorengan tahu yang biasa disebut dengan gehu (singkatan dari toge di dalam tahu), terbuat dari tahu berisi sayuran tauge dan wortel, kemudian ditambahkan adonan tepung dan digoreng hingga terasa mencukupi. 

Apa bedanya gehu jeletot ini dengan gehu lainnya ya kira-kira? Dari namanya saja, rasa dari gehu ini sudah seakan terasa di lidah. Gehu Hot Jeletot, hot berasal dari sebuah kata di bahasa Inggris yang berarti pedas atau panas, dan jeletot, yang merupakan bahasa Sunda dari kata sensasi. Yapsyaps, gehu jeletot ini memiliki rasa yang pedas, tanpa harus menambahkan cabe rawit yang biasa dijadikan sahabat gorengan hangat ini, soalnya dalam sang gehu pun sudah ditambahkan bumbu cabe rawit yang pedasnya luar biasa. Waw, pokoknya pertama kali sang kulit gehu menyentuh mulutmu, hmm.. rasanya bakalan terus melekat di lidah, pembaca! Membuatmu ketagihan untuk terus menerus mencicipi sekelebat rasa unik yang Bandung banget ini. Sensasi berkesan yang nggak bakal tergantikan pokoknya!


Pak Toha. Awalnya, Pak Toha hanya bekerja di salah satu mini market terkemuka di Indonesia, namun karena jiwa bisnisnya yang tinggi, akhirnya Pak Toha memutuskan untuk berhenti bekerja dari mini market tersebut dan merintis bisnisnya sendiri.
Ibarat pepatah “Gayung Bersambut Air”, usaha Gehu Hot Jeletot yang dirintis Pak Toha ini disambut baik konsumen, terutama di wilayah Bandung. Karena Gehu Hot Jeletot merupakan tahu isi terobosan baru dengan sensasi pedasnya, maka bisnis tahu isi ini pun makin berkembang. Sejak dirintis pada 2010, hingga saat ini Pak Toha sudah memiliki 100 outlet di Bandung dan Garut dengan rincian 75 outlet milik Pak Toha dan 25 outletlainnya milik para franchisee.

Bagaimana dengan potensi penjualannya, apakah menguntungkan? Berdasarkan penuturan Kang Azis, dalam sehari dia mampu menjual 6 box dengan total 300 potongan tahu, bahkan di outlet lain mampu terjual 12 box sehari. Secara matematis, kita bisa menghitung berapa omset Kang Azis dalam sehari jika laku 6 box sehari, akan menembus kisaran 600 ribu perhari, artinya mencapai 18 juta perbulan. Gehu Hot Jeletot ini hanya di jual dari pukul 13.00-22.00 WIB. Jadi, cukup longggar untuk jadwal kerjanya.
Untuk sistem penjualan Gehu Hot Jeletot ini, tak hanya mengandalkan karyawan pabrik saja, tapi juga ditawarkan dengan sistem franchise. Menurut pengakuan Kang Azis, untuk harga lisensi, satu outlet, dan perlengkapan lainnya, anda cukup membayar 10 juta rupiah. Setelah itu, tahu dan adonan Gehu Hot Jeletot langsung dipasok dari pabrik, sehingga memudahkan franchisee untuk usaha. Saat ini, franchise Gehu Hot Jeletot sudah ada dimana- mana, kita tidak perlu jauh-jauh ke Bandung.









Sumber : http://wisata.kompasiana.com/kuliner/2011/05/30/sensasi-pedas-gehu-hot-jeletot/ dan 

Senin, 04 Juni 2012

Motivasi: Pertanyaan yang Membuat Anda Lebih Fokus

Cara terbaik mengendalikan hidup adalah melalui pertanyaan kepada diri sendiri. Tahukah Anda bahwa bertanya dengan benar kepada diri sendiri dapat menyelamatkan hidup? Stanislavsky Lech terhenyak ketika tiba-tiba Nazi datang dan menawan dirinya dan seluruh keluarganya. Mereka digiring seperti ternak guna dikirim ke kamp pembantaian di Krakow. Ia depresi berat ketika menyaksikan pembantaian anaknya. Terlebih lagi ketika baju anaknya -yang dipakai saat ditembak mati- dipakai anak lain setelah hari itu. Ia berusaha bertahan hidup. Suatu hari ia berfikir, jika tetap tinggal, ia akan mati. Ia berfikir bahwa ia harus hidup. Ia bertanya kepada sesama napi, “Bagaimana saya dapat melarikan diri?” Dan jawab napi lain selalu sama, “Jangan bodoh kau! Berdoalah yang banyak, semoga kau selamat!” Setiap hari ia selalu bertanya kepada dirinya sendiri, “Bagaimana saya dapat keluar dari kamp pembantaian ini dengan hidup, selamat, sehat dan sekarang juga?” Akhirnya ia mendapatkan gagasan melarikan diri dengan menyamar menjadi mayat. Ia merobek-robek bajunya, dan berbaring seperti mayat yang akan diangkut truk. Sesudah menunggu lama, akhirnya truk pengangkut mayat datang. Setelah tiba di kuburan, mayat dikeluarkan dari truk. Ia menunggu hingga larut malam. Setelah yakin tidak ada yang melihat, ia lari telanjang sejauh 25 mil. Apa perbedaan Stanislavsky dengan teman napi yang lain? Ada banyak faktor. Tetapi perbedaan utamanya adalah ia melontarkan pertanyaan. Ia bertanya serius guna mendapatkan jawaban. Pertanyaan menyebabkan ia membuat keputusan yang cukup berpengaruh terhadap tujuannya. Sebelum mengambil tindakan, membuat keputusan, mendapatkan jawaban, ia bertanya kepada diri sendiri dengan pertanyaan yang tepat! Anda sebaiknya bertanya sepanjang hari. Pertanyaan mengendalikan fokus. Hentikan bertanya seperti ini, “Mengapa hidup tidak adil?”, “Mengapa cita-cita saya gagal?” dan gantilah menjadi dengan menanyakan dengan hal-hal yang memberikan jawaban berguna. Misalnya: - Apa yang dapat membuat saya hidup bahagia saat ini? - Apa yang membanggakan dalam hidup ini? - Apa anugerah dalam hidup ini yang sudah saya rasakan? - Apa yang telah saya pelajari dalam hidup hari ini? - Apa nilai tambah hidup saya hari ini? Pertanyaan-pertanyaan diatas akan membuat Anda lebih fokus, dan akan membuat hidup Anda lebih hidup. Oleh: Anthony Robbins Notes from A Friend. Sumber: QuickStart

Tips untuk Pengusaha Baru

Anda sudah memutuskan untuk memulai usaha baru yang sudah lama Anda impikan? Anda berharap untuk menjadi bos bagi diri sendiri dan membuat keputusan Anda sendiri dan menghasilkan lebih banyak pemasukan. Dengan memulai usaha baru Anda berharap mendapatkan rasa pemenuhan dan bangga yang tidak mungkin Anda dapatkan saat bekerja untuk orang lain. Ini adalah hal yang menyenangkan tapi untuk mewujudkannya dibutuhkan langkah yang sangat penting dan dilakukan dengan sistematis, Anda akan meraih kesuksesan atas upaya Anda. Percaya diri Pondasi awal kesuksesan adalah percaya diri. Orang dengan percaya diri meraih kesuksesan lebih cepat dibandingkan yang lainnya. Mereka juga menginspirasi kepercayaan pada kolega, bawahan dan pelanggan. Pengusaha dengan percaya diri bersedia mengambil resiko dan berusaha keras untuk memulai atau mencapai sukses. Anda harus memiliki percaya diri untuk sukses dan kegagalan bukanlah opsi yang Anda miliki. Bangun percaya diri Anda. Memilih bisnis yang tepat Apa yang menjadi ciri bisnis yang akan Anda mulai? Anda harus mengidentifikasikan produk dimana ada kebutuhan dan Anda menyukainya. Bukan masalah jika ada bisnis serupa yang ada di kota Anda tapi apapun yang Anda temukan sebelum memulai usaha baru adalah apakah ada tempat untuk bisnis tambahan. Survey pasar akan membantu Anda membuat keputusan yang benar. Lokasi Lokasi adalah faktor penting yang harus Anda pertimbangkan saat memulai usaha baru. Meski dengan produk yang tepat, usaha baru tidak bisa bertahan kecuali berada di tempat yang tepat dengan kemudahan akes dan fasilitas parkir. Sebuah usaha baru haruslah bisa bertahan, mengalahkan persaingan dan berhasil di lingkungan yang kompetitif. Sasaran Setelah Anda memutuskan memulai usaha, langkah pertama adalah menentukan sasaran Anda untuk menjalankan bisnis yang sukses. Ciri bisnis yang Anda inginkan. Jumlah uang yang bisa Anda investasikan dan pengembalian yang Anda harapkan. Apakah pasangan Anda turut serta dalam bisnis atau bekerja sebagai karyawan. Tentukan sasaran Anda sehingga mereka bisa dicapai. Rencana bisnis Persiapakan rencana untuk menentukan strategi apa yang Anda lakukan untuk mencapai sasaran Anda. Jika Anda tidak bisa mempersiapkan sebuah rencana, gunakan jasa konsultan atau teman yang menjalankan bisnis yang sukses. Termasuk analisa alur kas dan break even. Kecuali Anda memiliki rencana yang tepat sebelum memulai maka Anda bisa melepaskan diri dari batasan dan menggunakan strategi bertahan seperti mendapatkan pinjaman dengan bunga yang tinggi atau menjaminkan usaha Anda. Pengetahuan dan ketrampilan Saat memulai usaha baru, lebih baik jika memulai pengetahuan tentang bisnis atau pengalaman kerja dengan bisnis serupa. Jika Anda tidak memiliki pengetahuan dan ketrampilan yang memadai, Anda bisa mempekerjakan sesorang yang memiliki ketrampilan tersebut, tapi ini seharusnya tidak menghalangi Anda untuk memulai bisnis. Dengan keteguhan dan upaya Anda bisa belajar sembari jalan. Promosi bisnis Banyak pengusaha yang menghabiskan uang dalam jumlah besar tapi ragu untuk menggunakan uangnya untuk iklan dan promosi bisnis mereka. Orang lain harus tahu ada bisnis baru yang dibuka dikotanya. Iklan di koran lokal dan penyebaran flyer dan brosur akan menciptakan awareness dan mendatangkan pelanggan. Website yang di update secara teratur akan sangat membantu. Kesimpulan Setelah Anda mencapai sasaran dalam memulai usaha baru, Anda harus mendapatkan alur pelanggan yang stabil dan memastikan mereka memiliki pengalaman berbisnis dengan Anda. Seperti yang dikatakan Jeff Bezos, pendiri Amazon.com: "Jika Anda membangun pengalaman yang baik, pelanggan akan menyebarkan hal tersebut. Iklan dari mulut ke mulut sangat ampuh." Sumber: Article Source: http://EzineArticles.com/?expert=Kanaga_Siva Diterjemahkan oleh: Iin – Tim Pengusahamuslim.com Artikel: www.pengusahamuslim.com Share on facebook Share on twitter Share on email Share on print More Sharing

Menciptakan Budaya Layanan Pelanggan

Dalam dunia retail yang dinamis, banyak perusahaan yang membicarakan pentingnya layanan pelanggan dan dampak pada keuntungan usaha. Lingkungan retail yang bergerak cepat, kompetitif adalah tantangan yang konstan bagi pemilik usaha retail. Mudah untuk menjadi reaktif daripada menjaga pendekatan proaktif yang akan mengarahkan pada visi perusahaan. Retailer memahami pentingnya dalam memberikan Layanan Pelanggan Superior yang melebihi kompetitor. Bagaimana retailer memastikan staf mereka memberikan layana dengan tingkat yang tinggi ? Berikut 6 tips sederhana: 1. Merekrut orang-orang yang tepat Proses rekruitmen adalah hal penting untuk mengembangkan tim yang kuat yang fokus pada pelanggan. Pengusaha harus memastikan bahwa proses wawancara efektif untuk menentukan kesesuaian potensi pelamar. Pertanyaan-pertanyaan perilaku akan membantu menilai apakah orang tersebut seseuai dengan lingkungan dan budaya perusahaan. 2. Melatih orang-orang Anda Proses induksi bersamaan dengan pelatihan yang berkesinambungan bagi orang –orang Anda penting bagi kesuksesan staf di masa datang. Layanan pelanggan harus fokus yang kuat pada proses training. Karyawan baru harus menerima deskripsi kerja yang menjabarkan dengan jelas dari harapan masing-masing peran. Ini akan memastikan bahwa karyawan akan merasa percaya diri dan mencapai potensi mereka. . 3. Meminimalkan tugas Tugas adalah bagian dari pekerjaan apapun tapi bisnis dengan fokus pelanggan yang kuat akan memahami pentingnya mempertahankan meminimalkan tugas tersebut. Perusahaan harus mempertimbangkan semua tugas yang mempengaruhi bisnis, seperti e-mail dari departemen yang berbeda yang melibatkan tugas ekstra. Merchandising visual juga alat yang baik untuk memperkaya produk dan membuat penjualan tapi jangan terlalu fokus dan membuat staf Anda berpaling dari orang yang paling penting, pelanggan. Buatlah fokus untuk meninjau dan meminimalkan tugas dalam bisnis Anda. 4. Tingkatan staf yang efektif Saat penjulan menurun, salah satu target utama yang dirubah adalah pengurangan level staffing. Ini merupakan faktor biaya yang penting tapi harus hati-hati dalam menganalisa masing-masing bisnis. Jangan meremehkan potensi dan kebutuhan bisnis atau orang Anda. 5. Berjalan dan Berbicara Budaya layanan pelanggan bermula dari atas. Semua tindakan dan kata-kata harus merefleksikan visi setiap orang yang ada dalam perusahaan. Dari kebijakan dan manual prosedur, program industri, memo dari kantor pusat dan kunjungan lapangan. Semua hal diatas tersebut harus merefleksikan mengutamakan pelanggan disetiap saat. 6. Reward atas servis Mengenali kemampuan kinerja customer service Anda. Tentukan tujuan berdasarkan melebihi harapan pelanggan dan berikan reward pada staf yang berhasil mencapainya. Ini akan membangun kepercayaan diri, meningkatkan moral staf dan membantu membangun kompetisi yang sehat dalam tim Anda. Penulis: by Janelle Johnston adalah Direktur ‘People Potential Recruitment and Training Solutions’ Australia. Sumber: www.peoplepotential.com.au Diterjemahkan oleh: Iin – Tim Pengusahamuslim.com Artikel www.pengusahaMuslim.com