Rabu, 14 November 2012

Model Sistem Informasi Berbasis Komputer


Manajer membuat keputusan untuk memecahkan masalah, dan informasi digunakan dalam membuat  keputusan. Informasi disajikan dalam bentuk lisan maupun tertulis oleh suatu pengolah informasi. Porsi komputer dalam mengolah informasi terdiri dari area aplikasi berbasis komputer – SIA, SIM, DSS, kantor virtual dan sistem berbasis pengetahuan. Kita menggunakan istilah  sistem informasi berbasis komputer (computer based information system), atau CBIS, untuk menggambarkan lima subsistem yang menggunakan komputer. Semua subsistem  CBIS menyediakan informasi untuk pemecahan masalah.
 

Dalam beberapa hal, tiap subsistem CBIS menyerupai suatu organisme hidup-lahir, bertumbuh, menjadi matang, berfungsi dan akhirnya mati. proses evolusi ini disebut silus hidup sistem (system life cycle-SLC), dan terdiri dari  tahap-tahap berikut:
  • perencanaan
  • analisis
  • rancangan
  • penerapan 
  • penggunaan
 siklus hidup suatu sistem berbasis komputer mungkin hanya berlangsung beberapa bulan atau mungkin beberapa tahun. seiring berkembangnya CBIS, manajer merencanakan siklus hidup dan mengatur para spesialis informasi yang terlibat. setelah penerapan, manajer mengendalikan CBIS untuk memastikan bahwa sistem tersebut terus menyediakan dukungan yang diharapkan.


Sumber : Raymond McLeod;Jr. . "Sistem Informasi Manajemen" jilid 1

Tidak ada komentar:

Posting Komentar